Jumat, 20 Agustus 2010

Pesona "Kawah Putih Gunung Patuha "Ciwidey - Bandung

Kawah Putih Gn. Patuha
Setu Kawah Putih
Bersyukurlah kita tinggal di negri Indonesia...karena banyak menyimpan segudang wisata yang banyak menyimpan kenangan dan pesona keindahan ..Jika anda sekeluarga hendak berlibur panjang bersama liburan akhir, lebaran, libur semester, libur kenaikan kelas putra-putri anda.  

Salah satu alternatif Liburan  Indah bagi anda  sekeluarga adalah : 
 Obyek Wisata "Kawah Putih" Ciwidey. di kota  Bandung - Jawa Barat.  Letak Kawah  Kawah Putih ada di kecamatan Ciwidey.yang jaraknya  sekitar 45 km dari selatan kota Bandung. Ciwidey dikenal daearah salah satu pesona wisata di Bumi Parahyangan, yang memiliki udara sejuk , berkabut, panorama yang indah dan penduduk nya ..yang sangat ramah.
Peta Kota Bandung
Selain itu sarana transportasi umum juga sangat mudah.dan murah.karena cukup  mobil angkutan umum (minibus / angkot)  dengan harga relatif murah menuju kawasan Ciwidey...tarifnya dibawah 50 ribu rupiah, jika anda naik dari terminal utamakota Bandung (terminal Leuwi Panjang)   anda sudah sampai ke terminal kec.Ciwidey.. lalu naik angkot  lagi (cukup 10 ribu rupiah) menuju lokasi wisata Kawah Putih. 
buah stroberi Ciwidey
Jika anda sudah mengenal lokasi ciwidey atau ajaklah rekan yang sudah pernah ke ciwidey , tentunya anda tinggal  bawa mobil sendiri, sehingga dapat dengan santai berwisata sambil menikmati pemandangan alam yang indah selama perjalanan.

Kebun Stroberi

Sesampainya di lokasi, anda akan disambut oleh para pedagang buah stroberi dengan harga satu kotaknya (sekitar  10-15 ribu rupiah), selain itu masih ada lagi  pedagang  aneka rupa  jajanan manisan, dodol buah, setup buah stroberi (juice stoberi asli) ciri khas daerah ciwidey, yang selalu membuat kita ingin terus mencicipi aneka manisan...ini...hemmm... nikmatnya.. dan adapula pengerajin aneka hiasan  khas parhyangan..
Selain di ciwidey terkenal dengan minuman hangat bajigur dan bandrek-nya yang dapat memberikan kehangatan dan kesehatan tubuh anda disela-sela hawa dingin..di sini terkenal kabut putih yang sudah mulai turun jika mulai senja...

Kebun Teh Ranca Bali
Jika anda cermati di daerah ciwidey terkenal akan kebun Strobery dan kebun Tehnya. Seperti perkebunan teh yang dikelola oleh Kebun Teh  PT . Perhutani Unit III Ciwidey - Jawa Barat. 
Maka tidak salah lagi jika dalam perjalana anda  menuju lokasi wisata Kawah Putih, banyak terhampar perkebunan buah strawbery  dan perkebunan teh. Akan lebih indah lagi jika anda datang saat panen buah stroberi atau teh.  
Jika anda ingin bermalam ..beserta keluarga atau kerabat, tidak perlu kuatir..cukup banyak penginapan murah di sekitar Ciwidey berkisar (150 - 250 ribu rupiah per malamnya).
 
Penginapan Pauha Resort
Sebelum anda memasuki pintu masuk daerah Wisata Kawah  Putih, anda cukup membayara tiket masuk per-orang 8 ribu rupiah dan mobil 10 ribu rupiah, dari pintu  masuk jaraknya sangat dekat cuma 100 meter anda berjalan kaki, setelah itu  menapaki turunan anak tangga danau kawah putih.
Gerbang Wisata Kawah Putih
Jika sudah mencapai  area danau kawah putih, maka  akan tercium aroma belerang dan pemandangan kawah  berwarna putih bagai kapas yang sangat indah, seperti nuansa romantisme alam, keindahan ciptaan Sang Kuasa.
Kawasan Kawah Putih Ciwidey sangat menjanjikan eksotisme dan dan sejarah yang cukup menarik.
Gunung Patuha
anau kawah yang sangat indah, Kawah Putih.

Lokasi Kawah Putih ini terletak di kaki Gunung Patuha  yang artinya Pak Tua, penduduk setempat memberikan  sebutan Gunung Sepuh. Konon gunung ini dianggap angker karena banyak aneka pohon kayu jenis lokal, seperti rasamala, saninten, huru, samida, dan lain sebagainya.yang sangat tinggi  dan dipercaya sebagai tempat pertemuannya Siliwangi dengan para leluhur. Kawah Putih Ciwidey ini terungkap oleh seorang ilmuwan Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun, yang juga seorang pengusaha perkebunan Belanda yang mencintai kelestarian alam pada tahun 1837.
Penangkaran Rusa Ranca Upas
Kondisi lembah Gunung Patuha pada waktu itu masih berupa hutan lebat, dipenuhi pohon-pohon  karena rasa penasaran dan ketidakpercayaannya, Dr. Franz terus menembus lebatnya hutan Gunung Patuha. Dan akhirnya dia menemukan suatu danau kawah yang terlihat sangat eksotik, dan sangat indah. Meski sudah ditemukan pada 1837, tapi kawasan ini baru menjadi objek wisata pada 1987 setelah dikembangkan oleh PT Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten.

Tidak hanya obyek wisat  Kawah Putih yang ada di lokasi Ciwidey ini. Ada obyek wisata lainnya seperti :   Dana Situ Patenggang, Kolam Pemandian air panas Walini, Cimanggu, Penangkaran Rusa Ranca Upas,
Danau Situ Patenggang
Ehm...kayanya..sayang..ya...kalo ke Ciwidey ..hanya 1 hari saja...lebih nikmat lagi..kalo kita bisa berlibur menginap 1-2 malam di penginapan murah yang ada disekitarnya..karena tidak  untuk mencoba ke semua lokasi..tidak cukup.1 hari..saja...he...he...Selamat menikmati liburan anda .

(* disarankan, anda berlibur pada hari  yang cukup cerah..karena curah hujan di Ciwidey cukup tinggi).

** Info dari: berbagai media, google search dan liputan" Best Friend"  David C.Bo" ...thanks bro..*