Rabu, 22 September 2010

Produsen Elektronik ala Greenpeace

Greenpeace
Organisasi lingkuyngan hidup Greenpeace baru saja merilis panduan Green Electronics terbaru yang kini masuk ke dalam Versi 14.
Panduan ini mengevaluasi produksi komputer PC, Laptop, telepon genggam, TV dan konsol game berdasarkan penggunaan bahan-bahan kimia beracun, daur ulang dan juga dampaknya pada perubahan iklim.
Versi terbaru ini menempatkan Nokia pada posisi ke 1,  diikuti Sony Ericsson dperingkat ke 2 dan produsen Toshiba peringkat ke 3. 
Nokia juga menempati urutan pertama pada hasil panduan Oktober 2009. menerima skor teratas 7,3 dari nilai maksimal 10 untuk nilai pengurangan pemakaian zat-zat kimia beracun. 
Sony Ericsson menempati urutan kedua dengan sedikit kandungan bahan kimia berbahaya namun lemah dari segi daur ulang. Toshiba menempati posisi ketiga yang mendapatkan nilai tertinggi untuk sedikit bahan kimia berbahaya, tapi Toshiba beresiko kehilangan point pada waktu berikutnya, jika gagal merilis produk-produk elektronik konsumen tanpa bahan plastik vinyl PVC dan brominated flame retardants (BFR).
Setiap tahun, standard Green Electronics selalu diperbaharui. Standard ini juga mengubah posisi peringkat pada produsen berdasarkan kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup. Beberapa produsen besar seperti Samsung , Sharp, Sony pada tahun ini turun peringkat karena gagal memenuhi komitmen untuk menghapuskan bahan berbahaya yang digunakannya setahap demi setahap.
Yang agak mengherankan, meski banyak produsen menerapkan sistem "hijau"  pada produk-produknya, tetap saja mereka tak mencapai nilai yang memuaskan . 
Dalam Hal ini hanya Toshiba dan Apple yang masuk dalam peringkat 5 besar mengalahkan HP, Acer, Dell dan Fujitsu.
Berikut ini 15 pabrik elektronik yang memperoleh penghargaan "Greener Electronics" dari Green Peace dengan skors 1 - 10, yaitu :
  1. Nokia = 7.3
  2. Sony Ericsson = 6.9
  3. Toshiba = 5.3
  4. Phillips = 5.3
  5. Apple = 5.1
  6. LG Electronics = 5.1
  7. Sony = 5.1
  8. Motorola = 5.1
  9. Samsung = 5.1
  10. Panasonic = 5.1
  11. HP  = 4.7
  12. Acer = 4.5
  13. Sharp = 4.5
  14. Dell = 3.9
  15. Fujitsu = 3.5
 Disadur dari : Majala Info Komputer 'edisi Mei 2010' 



Tidak ada komentar: