Rabu, 07 September 2011

JIKA ANDA MASUK MOBIL....JANGAN LANGSUNG NYALAKAN AC

Kota- kota di Indonesia saat ini sangat panas cuacanya, jika anda masuk mobil jangan langsung menyalakan Air Conditioner (AC) .!!!!!
Karena udara dari semprotan AC akan bercampur dengan udara dalam mobil anda yang pengap, sehingga dapat menimbulkan udara kotor yang dapat menyebabkan kanker paru-paru anda, bila dihirup.


Mau naik dengan secepatnya karena cuaca yang sangat panas ? OK.. boleh saja, tapi disarankan untuk membuka semua kaca mobil untuk 1-2 menit terlebih dahulu agar udara kotor dalam mobil anda keluar dulu, lalu nyalakan AC selama beberapa menit, kemudian tutup kembali kaca mobil anda.
Menurut sebuah penelitian Laboratorium Kimia di Jepang, dashboard mobil,sofa, pengharum mobil menghasilkan "Benzene" racun yang mengakibatkan kanker (karsinogen). 
Luangkanlah waktu dan amatilah bau plastik dashboard mobil anda yang terkena panas.

Selain menyebabkan kanker, Benzene juga dapat meracuni tulang-tulang anda, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih.Bila terhirup terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan Leukimia, menambah resiko penyebab kanker. Dapat juga mengakibatkan keguguran pada janin. Benzene juga berpengaruh buruk bagi kerusakan hati (kanker sirosis) dan ginjal anda.

Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi tubuh manusia sebesar 50 mg/ft2.
Sebuah mobil yang terparkir dalam area tertutup (basement gedung) dengan kaca jendela yang tertutup rapat akan mengandung Benzene sebesar 400 - 800 mg/ft2 . Jika mobil anda terparkir di luar area terbuka dengan terik matahari pada temperatur diatas > 15 derajat , maka tingkat Benzene naik hingga 2000 - 4000 mg/ft2, 40 X dari tingkat Benzene yang bisa ditoleransi manusia. 
   
Dapat anda bayangkan pengaruh bahaya racun Benzene yg terserap dalam tubuh anda, jika langsung menyalakan AC dalam mobil tanpa membuang udara kotor dalam mobil anda.
Jika anda ingin tetap hidup sehat dan nyaman mengendarai mobil. Maka saran kami, luangkan waktu anda beberapa utk sirkulasi udara dalam mobil anda, agar tidak menggangu kesehatan anda.




disadur  dari : "Tips-trik  berkendara sehat"

 
 
 

1 komentar:

Bang Mirza mengatakan...

Wah ngeri juga ya ternyata menghirup udara AC di mobil bisa menyebabkan kanker bila kita langsung menghirupnya begitu saja tanpa membuang udara pengap yang tersisa sebelumnya terlebih dulu.