Selasa, 31 Agustus 2010

Tips agar WLAN anda Cepat dan Aman

Wifi Router Linksys
Jika anda sedang browsing Facebook atau Twitter dengan hotspot wifi sering lambat dan harus dalam hitungan menit ? atau download Youtube sering terputus .? 
Kemungkinan besar WLAN anda mengalami BottleNeck. 

"Cobalah Tips dan Trik berikut ini …. "
Anda dapat membuat jaringan Wireless Loca Area Network (WLAN) menjadi lebih stabil dan aman dari serangan hacker atau pengguna liar yang akan membobol password anda. 

Keamanan Untuk Jaringan : 
Agar jaringan Wifi anda lebih aman pergunakanlah system enkripsi WP2-AES yang baru, dibandingkan dengan memakai WPA enkripsi standard yang lebih umum dipakai, sistem enkripsi yang baru ini tidak lagi berbasis pada algoritma RC4, melainkan AES (Advanced Encryption Standard). 
Beberapa router bahkan mendukung konfigurasi jaringan campuran (mixed-network). 
Modem Router Wifi " Novotel"
Jadi, koneksi ke perangkat WPA di enkripsi dengan RC4, sedangkan koneksi dengan WPA2 dengan AES. 

Sekarang apakah Router anda mendukung perangkat tersebut ?  
silahkan baca manual book perangkat anda yang disertakan pada saat pembelian router. Biasanya, perangkat dapat dilengkapi dengan feature ini, caranya yaitu melakukan update firmaware. Agar aman, sebaiknya router di update dengan koneksi internet kabel.   Agar jaringan internet anda tidak terganggu, sebisa mungkin posisi router anda diletakan pada posisi yang lebih tinggi. 
Router Broadband Wifi - Wimax
Anda dapat memeriksa akses sinyal dengan tools software Heat Mapper, free download di (www.ekahau.com › Products › HeatMapper). Pilihan Jaringan Membawa Performa : Semakin perangkat WLAN yang anda gunakan, semakin sempit gelombang radio yang tersedia, Akhir-akhir ini juga tersedia Dual Band Router 2,4 Ghz dan 5 Ghz. Ataupun penggunaan kedua router secara bersamaan. Bila perangkat network anda seluruhnya dengan basis 5 Ghz, umumnya otomatis seluruh chanel akan tersedia. 
  • Ingat : sebelum menggunakan frekuensi ini, pastikan semua perangkat anda sudah mendukung mode tersebut. WLAN tanpa Gangguan : Bila di area lingkungan anda tidak banyak terdapa jaringan WLAN tetangga. Sebaiknya tidak memilih chanel yang terlalu dekat dengan jaringan tetangga. 
Jika chanel standard 6 sudah terpakai, biasanya chanel 4,5,7 dan 8 juga terpakai. 
Netgear Wifi Router
Dan jika anda menggunakan salah satu dari chanel tersebut , lalu lintas data akan bertabrakan. 
Akibatnya data rate pada kedua jaringan akan menurun karena setiap perangkat WLAN juga menyortir paket data jaringan lainnya.Jadi sedapat mungkin anda mengosongkan 3 chanel. 

Di Eropa tersedia maksimal 13 chanel untuk 3 jaringan agar tidak terjadi overlapping, yaitu : chanel 1, 7 dan 13. Untuk selanjutnya : silahkan mencoba metode dengan mengacu pada tip-tip yang sudah tercantum di diatas, dan jangan lupa membaca setting manual book router WLAN anda. 



** Bahan tulisan : materi Majalah CHIP online

Tidak ada komentar: